Sabtu, 06 Desember 2008

Pasar Buku Murah

Tertarik oleh kata "MURAH", hari ini saya menyempatkan diri untuk datang ke
PESTA BUKU MURAH JOGJA di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Jogjakarta. Saat berjalan masuk, tanpa sengaja saya bertemu dengan Pembri (teman satu pesawat saat ikut pelatihan di Bali). Rupanya dia sedang menjaga stan "Tanda Baca". Setelah say hello sejenak, dia lalu menghadiahkan tiga buah komik tentang Penanggulangan Bencana. Saya dan isteri lalu berpamitan untuk masuk ke gedung Kunthi. Di sini kelompok Gramedia dan Agromedia yang mendominasi. Namun saya tidak begitu tertarik karena diskon yang ditawarkan hanya 10 (sepuluh) persen. Buat apa saya beli di sini? Toh saya bisa mendapatkan diskon yang lebih besar di toko buku Toga Mas. Untuk sesaat saya merasa kecewa karena berharap bisa mendapatkan buku yang lebih murah daripada toko buku reguler.
Ketika itu, sedang ada workshop "PENULISAN UNTUK GURU" bersama Agromedia Grup & McDonald. Saya menyempatkan diri untuk mendengarkan uraian penulis. Tapi lama-kelamaan saya merasa bosan, karena informasi yang disampaikan oleh nara sumber kebanyakan sudah saya tahu. Saya lalu melirik peserta lain. Kelihatannya, mereka adalah para guru. Jumlahnya tidak lebih dari sepuluh orang. Semoga saja mereka terdorong untuk menulis. Oh, ya...sebenarnya acara itu tidak layak disebut workshop karena peserta tidak dilibatkan secara aktif. Mungkin lebih tepat disebut sebagai ceramah atau penataran saja.
Tidak satu buku yang menarik minat saya di gedung ini. Saya lalu masuk ke gedung di sebelah barat. Mata saya langsung terikat pada stan Yusuf Agency. Stan ini terkenal karena berani membanting buku sangat murah. Stan ini sangat digemari oleh pengunjung buku, tapi paling dibenci oleh penulis dan penerbit. Soalnya kalau ada buku yang jatuh ke Yusuf Agency ini, maka "martabat" penulis dan pengarang langsung melorot ke titik nadir...he...he..he... Untunglah saya tidak menjumpai buku yang saya tulis di sini.
Di sini kami membeli "Kala Yesus Jadi Tuhan", karya Richard E. Rubenstein, terbitan Serambi. Pada label aslinya tertera Rp. 64.900,- tapi didiskon hingga Rp.20.000,- Dari penerbit yang sama, kami juga mendapatkan buku "The Secret Supper" tulisan Javier Sierra. Harganya telah dipotong dari Rp. 49.000,- menjadi 20 ribu perak. Selain itu, kami juga membeli buku "Jalan Salib untuk Anak-anak" terbitan Kanisius dan "Tempat dan Peran Yesus di Hari Kiamat Menurut Ajaran Islam", karya Wienata Sairin. Harganya hanya 10 ribu perak. Berpindah ke stan berikutnya, kami membeli Chicken Soup di Galaxy Media. Yang menarik, di sini buku Harry Potter dijual seharga Rp. 99.000,-. Sementara itu, di stan Gramedia Pustaka Utama, buku yang sama dibandrol Rp. 208.000,- Itu saja sudah didiskon oleh Gramedia!
Setelah itu, kami beranjak ke gedung Shinta. Dalam gedung utama yang sejuk dan nyaman ini, ada puluhan stan yang berlomba menawarkan buku. Ada juga Talkshow "ASOI, GEBOI, BOHAI" bersama Yudhi (Gradien Mediatama). Ketika saya amati, yang menyaksikan pertunjukan incang-bincang ini juga tidak banyak.
Jumlahnya dapat dihitung dengan jari. Saya bertanya dalam hati, "Apakah promosi seperti ini cukup efektif?" Pada kanyataannya, kaum remaja yang menjadi sasaran pembaca dari buku ini justru tidak terlihat di sana.
Kebanyakan yang datang adalah mahasiswi dan panitia yang sedang iseng karena tidak ada kerjaan. Di gedung ini kami menemukan Bok Bos, stan kesukaan kami. Entah apa arti namanya. Yang jelas, mereka punya spesialisasi menjual buku impor bekas. Bukan sembarang buku, melainkan buku-buku yang bermutu bagus.
Saya membeli "Principles And Types of Speech Communication", edisi hardcover, terbitan Longman. Sedangkan isteri saya memilih "A Cup of Chicken Soup", edisi hardcover.
Jika Anda tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya, Anda masih punya kesempatan selama dua hari untuk menambah koleksi perpustakaan Anda dengan biaya murah.
Pameran ini ditutup besok Senin, bertepatan dengan hari Idul Adha

Baca Tulisan lainnya di blog Purnawan Kristanto [http://purnawan-kristanto.blogspot.com
]
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It