Rabu, 02 Januari 2008

Bantuan ke Solo Dihentikan

Hari terakhir tahun 2007, rekan di Purwodadi mengabarkan bahwa di sana terendam juga. Banyak warga yang mengungsi ke kota. Sebuah gereja di sana membuka dapur umum di dua desa. Setelah berembug dengan relawan lain, maka kami putuskan untuk mengalihkan beras, yang semula akan disalurkan ke Solo, untuk diberikan ke Purwodadi saja. Supaya tidak 'ngisin-isini', maka bantuan itu dtambahi lagi dengan mie instan, mie kering, abon, kecap dan bumbu dapur. Pukul 15, pdt. Samuel datang membawa pick up L-300. Dia sendiri yang menyopiri dari Purwodadi, ditemani oleh satu kepala desa. Setelah dimuat ke atas mobil, ternyata bantuan bisa memenuhi seluruh bak mobil.
Hari pertama di tahun 2008, kami masih mengirim nasi bungkus untuk makan siang dan makan malam. Saya kebagian mengirimkan nasi bungkus untuk makan malam, menggunakan mobil yang dulu pernah digunakan sebagai klinik kesehatan perjalanan. Karena sudah jarang digunakan, maka mobil ini tidak berjalan dengan mulus. Dalam perjalanan pulang, mobil ini dua kali mogok karena karet streng dinamo sudah kendor. Akibatnya, aki mobil tidak terisi. Celakanya, yang menumpang mobil itu hanya berdua saja, saya dan sopir. Maka terpaksa deh saya mendorong mobil sendirian. Namun puji Tuhan, setelah perbaikan darurat, mobil ini sampai juga ke Klaten meski harus berjalan super pelan.
Hari ini (2 Jan) bantuan kemanusiaan diputuskan untuk dihentikan dengan pertimbangan banjir sudah mulai surut. Selain itu, kekuatan kami juga sudah mulai jauh menyurut. Para relawan sudah mulai kelelahan. Petugas masak di dapur umum juga mulai kecapekan.  Sekali lagi, saya teringat prinsip relawan kemanusian "Melayani harus sampai sakit." Beberapa relawan tidak setuju dengan prinsip ini. Kalau bisa, ya jangan sampai sakit karena akan merepotkan.
Tiga hari ini, kami harus esktra waspada, karena menurut ramalan BMG curah hujan akan mencapai puncaknya. Semoga saja ramalan BMG meleset (seperti yang sudah-sudah).
Baca Tulisan lainnya di blog Purnawan Kristanto [http://purnawan-kristanto.blogspot.com
]
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It