Minggu, 23 September 2007

Kirana Sudah Bisa Berjalan

Pada tanggal 19 September Kirana, anak kami, akhirnya bisa berjalan. Saya tidak menduga prosesnya sedemikian cepat. Saya menyesal tidak dapat menyaksikkan langkah kecil pertamanya karena saat itu saya sedang mengikuti pelatihan di Bali. Sementara Kirana dan mamanya berlibur ke eyangnya di Jakarta.
Ketika saya tinggal, Kirana bahkan belum bisa berdiri tegak tanpa topangan apa-apa. Kalau ingin berdiri, dia harus menyandarkan punggungnya di dinding atau lemari. Beberapa anak biasanya melewati tahapan berdiri tegak dulu, kemudian mencoba melangkahkan kaki. Tapi Kirana tidak. Dia mencoba berdiri dan langsung berjalan dengan penuh percaya diri.
Menurut cerita mamanya, orang-orang di sekitar Kirana menirukan suara gamelan reog “tung dang tung, tung dang tung”. Dengan mengikuti irama itu, Kirana mendapat dorongan untuk mulai melangkahkan kakinya.
Mulai sekarang, kami harus lebih memasang mata lebar-lebar, sebab ia mulai menjelajahi setiap sudut rumah. Kalau terlena sedikit, dia bisa nyelonong keluar rumah, menuruni tangga yang curam. Kami merasa senang, tapi harus mulai waspada.
Baca Tulisan lainnya di blog Purnawan Kristanto [http://purnawan-kristanto.blogspot.com
]
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It