Senin, 17 September 2007

Jurnal Pelatihan Hari ke -4



Hari keempat lebih banyak diisi dengan simulasi pertunjukkan boneka di depan anak-anak. Partisipan dibagi menjadi berpasang-pasangan. Setiap pasangan ditugaskan membuat rencana belajar selama 20 menit, yang terdiri dari perkenalan, ice breaker, pengantar pemutaran film, pemutaran film (8 menit), tanya jawab dan penutup.
Secara bergiliran, partisipan melakukan simulasi bercerita di depan anak-anak menggunakan boneka. Partisipan lain, berpura-pura sebagai anak-anak dan memberikan feedback kepada pasangan yang sedang beraksi. Sementara itu, fasilitator menjadi time keeper. Dari belakang, Ade memberitahukan berapa sisa waktu yang masih ada.
Meskipun sangat melelahkan, terutama bagi partisipan yang menjalani ibaah puasa, tapi acara ini berlangsung dengan meriah. Partisipan mengikuti sessi ini dengan penuh antusias.
Hari keeempat diakhiri dengan persiapan untuk bercerita di depan anak-anak SD. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok akan bercerita di SDN 08 dan SDN 13, Sanur.
Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mendiskusikan rencana pembelajaran, pembagian waktu, dan pembagian tugas.
Baca Tulisan lainnya di blog Purnawan Kristanto [http://purnawan-kristanto.blogspot.com
]
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It