Senin, 23 Juli 2007

Buku Terbaruku: Secret Bible Code

Penulis fiksi bernama Dan Brown pernah menghebohkan dunia kekristenan dengan menulis novel berjudul "The Da Vinci Code." Saya tidak akan menyinggung tentang kebenaran isi novel tersebut. Namanya saja sudah fiksi, itu artinya isinya adalah rekaan belaka. Namun jika dilihat dari teknik penulisan, kita patut mengacungi jempol padanya. Dengan menggunakan teknik suspense, Dan Brown sukses mempermainkan rasa penasaran kita sehingga memaksa kita untuk membaca novel ini sampai selesai.

Dalam novel ini diceritakan bahwa seniman lukis terkenal, Da Vinci, mewariskan sebuah kode atau sandi kepada sebuah sekte keagamaan. Kode atau sandi ini berisi sebuah rahasia yang telah disimpan selama berabad-abad. Rahasia apakah itu? Hal inilah yang menimbulkan penasaran di benak pembaca.

Setelah membaca novel ini, tiba-tiba muncul ide di kepala saya: Saya dapat memakai kode rahasia untuk mendorong orang Kristen mempelajari Alkitab secara menyenangkan. Caranya adalah dengan menciptakan rasa penasaran dan tantangan. Untuk itu, saya kemudian mengumpulkan kembali kode-kode rahasia yang sebagian besar saya dapatkan waktu aktif di kepramukaan.

Setelah itu saya menuliskan kode-kode rahasia seperti yang ada dalam buku ini. Tujuan pemakaian kode ini adalah untuk menimbulkan rasa penasaran pembaca sehingga mereka tergerak untuk memecahkan kode tersebut. Jika pembaca berhasil memecahkannya, maka di balik kode rahasia itu tersimpan sebuah pertanyaan atau soal. Selanjutnya pembaca ditantang untuk mencari jawaban yang benar dengan membuka Alkitab.

Pertanyaan-pertanyaan dalam kode rahasia ini dibagi menjadi enam kelompok, yaitu: Tokoh dalam Alkitab, Kota dalam Alkitab, Gunung dalam Alkitab, Sungai dalam Alkitab, Tumbuhan dalam Alkitab, dan Hewan dalam Alkitab

Buku ini dapat dipergunakan secara pribadi. Anda dapat menguji pengetahuan Anda dengan memecahkan semua kode dalam buku ini. Buku ini juga dapat digunakan untuk memeriahkan acara persekutuan, komsel, KTB atau Sekolah Minggu. Caranya, bentuklah kelompok, kemudian ajak mereka berlomba memecahkan kode dalam buku ini, kemudian mencari jawabannya dalam Alkitab. Jika Anda ingin mengecek kebenaran jawaban Anda, maka pada bagian akhir buku ini telah disertakan kunci jawabannya.

Baca Tulisan lainnya di blog Purnawan Kristanto [http://purnawan-kristanto.blogspot.com
]
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It