Senin, 18 Juni 2007

Tiga Bahan Pembersih Alami

Di jaman modern ini tersedia berbagai macam cairan pembersih yang praktis. Kita tinggal menuangkan isinya, "crot...crot..crot" maka bersihlah perabotan kita. Meski begitu, cairan yang dipasarkan ini kebanyakan menggunakan bahan sintetis yang mencemari lingkungan. Untuk itulah, kita patut untuk menggunakan kembali bahan-bahan yang alami. Selain aman dan mudah didapat, bahan-bahan ini dapat menghemat pengeluaran kita.

·        Cuka

Cuka merupakan bahan pembersih yang ampuh. Larutkan satu bagian cuka dengan satu bagian air ke dalam botol semprot yang masih baru.

Semprotkan larutan cuka pada pinggiran bak mandi dan toilet untuk membersihkan noda-noda yang melekat. Lalu siramlah dengan air. Larutan cuka dapat membersihkan sisa-sisa sabun yang mengeras di sela-sela keramik kamar mandi. Larutan juga ampuh untuk membersihkan kotoran pada kompor gas dan peralatan dapur lainnya. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai larutan untuk mengepel lantai kamar mandi.

·        Jeruk Nipis

Belahlah jeruk nipis dan taburkan baking soda di bekas irisannya. Gunakan irisan jeruk ini untuk mempersihkan piring dan membersihkan noda. Campurkan satu gelas minyak zaitun dengan ½ gelas perasan jeruk. Gunakan larutan ini untuk mengelap perabotan dar kayu.

·        Baking Soda

Baking soda dapat digunakan sebagai larutan pembersih. Bahan pembersih ini sama ampuhnya dengan larutan pembersih buatan pabrik. Baking soda juga dapat menghilangkan bau. Masukkan baking soda di dalam lemari es dan pada bagian pembeku (freezer) untuk menghisap bau-bau yang tidak sedap dalam kulkas. Anda juga dapat menamburkan baking soda ke tempat-tempat yang berbau tidak sedap. Misalnya di WC, gudang, dapur, tempat sampah dll.

Sediakan selalu tiga bahan ini di dalam lemari persediaan Anda.[Wwn]

Baca Tulisan lainnya di blog Purnawan Kristanto [http://purnawan-kristanto.blogspot.com
]
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It