Rabu, 31 Mei 2006

Jurnal Gempa 31 Mei 2006

Klaten, 31 Juli 2006
Bantuan mulai merata. Meskipun jauh dari mencukupi, tapi hampir seluruh wilayah korban gempa sudah mulai mendapat bantuan darurat. Beberapa organisasi dan perusahaan sudah mulai menyalurkan bantuan. Kami melihat bantuan disalurkan oleh Bank Mandiri Klaten, Alfamart, Pusat Grosir Solo dan lain-lain. Teman-teman dari Nahdatul Ulama sudah membuka Posko Besar di depan mesjid Wedi. Beberapa partai politik juga sudah mendirikan poskonya. Kami melihat setidaknya ada Posko yang didirkan oleh PAN, Partai Bulan Bintang dan PKS.
Untuk itu, mulai hari ini kami lebih memfokuskan pada daerah yang lebih "dalam", yaitu di sekitar perbatasan dengan Gunungkidul, yang belum terjamah bantuan. Jumlah warga di setiap cluster tidak begitu banyak dan tersebar di wilayah yang berjauhan. Hari ini kami mulai membuka dua Posko lagi yaitu di desa Bayat dan di daerah Pedan. Masing-masing berada di Zona tengah dan Tenggara. Sementara Pos yang ada di GKI Prambanan diserahkan kepada GKI Gejayan.
Berikut ini nama-nama Contact Person yang dapat dihubungi di setiap Posko:
Posko I
Lokasi: Sarap+Pesu/Wedi
Koordinator: Agus Permadi (0813-288-1330) & Siwi (0817-0622-834)
Tempat Posko: Gereja Bajem Pesu
Posko II:
Lokasi: Gantiwarno
Koordinator: Pdt Herry (0812-2974-065)
Tempat Posko: Rumzh. Bpk Suparlan
Posko III:
Lokasi: Gondang & Jogonalan
Koordinator: Pdt Sutomo (0813-2877-6103)
Tempat Posko: GKJ Gondang
Posko IV:
Lokasi: Pedan
Koordinator: Pdt Ndaru (0817-0411-716)
Tempat Posko:STM Kristen Pedan
Posko V:
Lokasi: Bayat
Koordinator: Bpk. Petrus Gunadia (0815-7816-3511)
Tempat Posko: Menden Paseban (Timur makam Pandanaran)

Untuk memperlancar komunikasi setiap Posko, mulai besok akan ditambahi fasilitas radio panggil. Setiap Posko akan mendapat pesawat CB. Selama ini komunikasi melalui HP. Hal ini dirasa sangat memberatkan dari sisi pemakaian pulsa dan kerepotan untuk mengisi ulang baterainya. Meskipun begitu, sebagai cadangan, kami mulai menggunakan Fren yang jauh lebih murah dibandingkan dengan GSM.

BANTUAN
Bantuan perseorangan dan kelompok masih berdatangan. Baik dari jemaat dan luar kota.
Berikut ini nama-nama Penyumbang:
Arie Pradanawati Semarang
Bp Ielung
Gabby
GKI Jabar
GKI Jatim
GKI Sangkrah
Handoyo
Happy Family Centre
Happy Sumaring
Hauw Siang
Ibu Enis
Ibu Ing Kiauw Solo
Indrawati
Ineke Dewi
Karyawan Asean Bearing Surabaya
Nining (Toko Moro Seneng)
Pdt. Nanang (GKI Delima_
PT Sonto Putro, Klaten
Rudi Mudita & Maria
STT Abdiel Ungaran
TIM Gerakan Kemanusiaan Indonesia
Toko Bintang Abadi (Cik Hana)
Toko Cendrawasih
Toko Kota Baru (Yang-Yang)

Sedangkan untuk penyaluran bantuan, hari ini kami berhasil membawa bantuan sampai ke dusun Lengkon yang ada di punggung pegunungan seribu. Jembatan yang kemarin putus, sudah bisa dilewati mobil kembali sehingga bantuan dapat langsung dibawa ke lokasi bencana. Selama ini, mobil hanya sampai di jembatan yang putus itu, kemudian teman-teman dari desa Lengkong yang mengambil bantuan dengan sepeda motor.
Selain Lengkong, penyaluran bantuan diberikan ke Cawas, Gayamharjo, Dukuh Lemah Abang, Kradenan, Mireng, Posko Bayat, Posko Gondang, Posko Pesu, Posko Bayat, R.S Tegalyoso, SMA 3, Suharno-Jimbung, Tegal Mawen, Tim Medis Keliling.

RUMAH SAKIT DARURAT
Pembersihan puing-puing untuk lokasi Rumah Sakit Darurat belum memenuhi target. Meskipun sudah mengerahkan tenaga yang diupah dan dibantu Relawan, namun kami belum bisa membersihkan puing-puing tersebut. Untuk mempercepat pendirian tenda, maka kami memprioritaskan pendirian tenda komando yang dibawa oleh Tim GKI pusat. Dengan demikian, tim dokter dari RS. Bethesda Kalimantan Tengah. Sedangkan tim medis dari F.K Ukrida melakukan fungsi medis keliling. Hari ini, tim medis ini berkeliling menggunakan mobil dan telah melayani lebih dari 100 orang.
Salah satunya adalah seorang Ibu yang mengalami keguguran. Kami sudah mengusahakan merujuk ke RSUD Tegalyoso dan Rumah Bersalin PKU Aisyiah, tetapi ditolak karena sudah penuh. Karena itu, tim medis dikirim untuk merawat ibu tersebut.
Mengenai bayi yang ditemukan selamat, sampai hari ini masih dirawat di R.S. Bethesda. Namanya Aisyiah. Namun yang perlu mendapat perhatian adalah kondisi bapak bayi ini, Slamet. Berdasarkan foto ronsen dia menderita retak tulang di tulang panggulnya karena tertimpa reruntuhan rumah. Sejak Sabtu, pak Slamet tidak dapat kencing sehingga kantung kemihnya penuh. Dia tidak mendapat tindakan medis apapun dari RSUD Tegalyoso.

SITUS GKI KLATEN
Hari ini saya telah membuat situs Posko GKI Klaten. Isinya berupa informasi sekitar aktivitas Gerakan Kemanusiaan Indonesia, Posko GKI Klaten. Juga terdapat foto-foto kegiatan kami. Silakan mengklik alamat berikut ini:
http://geocities.com/gki_klaten
Baca Tulisan lainnya di blog Purnawan Kristanto [http://purnawan-kristanto.blogspot.com
]
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It