Minggu, 12 Desember 2004

Artikel:Cara Mendengar Suara Tuhan

Artikel:

Cara Mendengar Suara Tuhan


Ada ucapan bijak: "Orang yang mengucapkan doa tanpa mendengar suara Tuhan itu seperti orang yang menelepon orang lain, lalu berbicara terus-menerus kemudian menutup telepon tanpa memberi kesempatan si penerima berbicara."

Bagaimana cara mendengar suara Tuhan?

1. Carilah waktu dan tempat yang tenang untuk bersaat teduh. Buatlah jadwal untuk bersaat teduh setiap hari dan melakukannya secara disiplin. Yesus pun memiliki kebiasaan ini. "Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Yesus bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. (Markus 1:35)

2.Ajukan Permintaan Secara Khusus. Bertahun-tahun saya mempunyai agenda rutin ini. Pertama kali, saya meminta supaya Tuhan menghilangkan kecemasan saya terhadap tagihan, hutang dan masalah bisnis lainnya masa-masa yang berat. Lalu saya bertanya, siapa yang membutuhkan bantuanku hari itu, entah itu saudara, kenalan atau orang asing. Ketiga, saya meminta agar bisa memperbaiki diri. Lalu bertanya bagaimana caranya supaya saya bisa mendorong dua atau lebih orang agar mau melayani Tuhan. Akhirnya, saya menetapkan tujuan saya. Urutan doa ini membuat doa saya tetap terfokus.

3. Menulis Jurnal Rohani. Di dalam buku harian, saya menulis apa saja terlintas di kepala saya. Misalnya, ide untuk memajukan bisnis, nama-nama orang yang harus saya ingat dan target yang harus dicapai. Beberapa tahun lalu, saya bermimpi bisa mencipta lagu. Pada suatu pagi, impian saya ini terwujud.

4. Mempercayai Suara Hati. Ketika kecil, saya pernah malu punya ayah yang tidak berpendidikan dan bergaji rendah. Hingga suatu hari, ada dorongan hati untuk meminta ampun kepadanya.

5. Mendengar Nasihat Orang Lain. Kadangkala Tuhan berbicara kepada melalui seseorang. Nasihat itu bisa berupa janji, penghiburan atau teguran. Dengarkanlah dengan tulus.

Mike Gutwilig/Guidepost/Wwn

Baca Tulisan lainnya di blog Purnawan Kristanto [http://purnawan-kristanto.blogspot.com
]
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It